Dinkes Deiyai Semprot Disinfektan di Tujuh Tempat Umum

0
1241

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Upaya pencegahan penyebaran pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Deiyai, Sabtu (28/3/2020) kemarin, dengan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat umum.

Selain di komplek RSUD Pratama Deiyai, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di perumahan warga, pasar, terminal taksi, kios-kios, Polsek, Koramil Tigi, dan Bank Papua cabang Waghete.

Kepala Dinkes Deiyai, Kornelis Pakage, menjelaskan, penyemprotan disinfektan di beberapa tempat umum itu dalam rangka upaya pencegahan terhadap virus Corona.

“Ini tindakan preventif dari pemerintah daerah melalui dinas untuk mencegah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga: Meepago Cegah Covid-19, Begini Aksi Hari Pertama di KM 100

ads

Kegiatan dilakukan oleh sebuah tim yang dibentuk Dinkes Deiyai sehari sebelumnya. Petugas medis bersama anggota Palang Merah Indonesia (PMI), para pemuda, anggota TNI dan Polri, turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Baca Juga:  Blok Wabu Diincar, Ini Pernyataan Kepala Daerah di Provinsi Papua Tengah

Sebelumnya, kata Kornelis, dinas yang dipimpinnya telah mensosialisasikan cara penularan berikut bahayanya Covid-19 serta apa yang harus dilakukan oleh semua orang.

Kegiatan sosialisasi pencegahan bahaya Covid-19 diadakan di aula kantor DPRD Deiyai, Kamis (19/3/2020) lalu.

“Kegiatan sosialisasi akan kami lanjutkan lagi, tetapi dalam bentuk lain. Kami siapkan materi sosialisasinya di booklet. Sudah perbanyak dan selebaran itu akan kami sebarkan ke seluruh masyarakat Deiyai,” kata Pakage.

Dengan begitu, ia berharap setiap orang pahami dengan baik berbahayanya virus ini dan sedini mungkin diupayakan pencegahannya.

“Dalam selebaran itu kami jelaskan tentang cara penularan, melalui apa virus ini bisa tertular ke orang lain, dan upaya cepat yang harus dilakukan kalau sudah rasa gejala. Terus, cara pencegahan dari jauh-jauh hari supaya bisa terhindar, dan banyak hal lain kami uraikan, tinggal orang baca supaya bisa pahami baik,” bebernya.

Baca Juga:  YAPMI Berikan Sarana Air Bersih Bagi Warga Distrik Agandugume dan Lambewi

Pembagian selebaran telah dilakukan bersamaan kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19. Saat itu sedikitnya 20.000 selebaran dibagikan ke ASN dan masyarakat Deiyai.

Baca Juga: Empat Bupati di Meepago Sepakat Cegah Penyebaran Covid-19

Pakage menambahkan, penyemprotan disinfektan akan dilanjutkan lagi pada Senin (30/3/2020). Kata dia, kegiatan dengan sasarannya setiap sekolah dan Gereja yang ada di Waghete dan sekitarnya.

“Rencana kami, dalam satu minggu satu kali penyemprotan disinfektan,” imbuhnya.

Kepada setiap warga juga disarankan agar tetap menerapkan pola hidup sehat dengan cuci tangan menggunakan air bersih sebelum makan, lebih banyak mengkonsumsi makanan yang cukup protein dan vitamin, berolahraga secukupnya, serta tak lupa doa sebagai kewajiban umat Tuhan di dunia ini.

Baca Juga:  Beberapa Tuntutan TPNPB OPM Kodap VIII Intan Jaya

Baca Juga: Jalan Trans Nabire-Paniai Ditutup

Beberapa upaya pencegahan yang sudah dan akan dilakukan itu diapresiasi Yulianus Atowa Mote, salah satu tokoh pemuda Deiyai.

Menurutnya, ini sangat baik demi keselamatan bersama, sehingga perlu didukung semua pihak untuk bersama-sama mencegah virus Corona masuk Deiyai.

“Kita semua mendukung kegiatan pencegahan dari pemerintah daerah dan Dinkes serta RSUD Deiyai. Ya, lebih baik mencegah daripada mengobati,” tuturnya sembari mengajak seluruh warga di lima distrik tetap berdoa dan puasa untuk menghalau virus mematikan yang sedang menggemparkan dunia.

Pewarta: Markus You

Artikel sebelumnyaRiza Pratama: Satu Meninggal dan Dua Kritis dalam Penembakan di Kuala Kencana
Artikel berikutnyaNatalius Pigai: Saya Tolak Darurat Sipil