Bupati Tabuni: Masyarakat Jangan Takut Covid-19, Kita Bisa Lawan dengan Mencegah

0
1229

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni meminta masyarakatnya agar tidak takut dengan Covid-19. Sebab cara ampuh untuk melawan virus tersebut adalah mencegah dan patuhi semua anjuran dari pemerintah Pusat, Provinsi maupun pemerintah daerah.

“Saya imbau supaya masyarakat jangan panik dan takut. Karena virus ini bukan aib, dosa atau perbuatan yang tidak benar dari masing-masing orang. Siapa saja bisa kena. Jangan terlalu panik. Kita harus ikut anjuran dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia), pemerintah pusat dan daerah. Penyakit ini bisa disembuhkan. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan,” kata Tabuni saat menghubungi suarapapua.com, Kamis (2/4/2020) kemarin dari Nabire.

Menurutnya, Covid-19 bisa dilawan dengan mencegah. Yang paling terpenting, kata dia, adalah harus menuruti semua anjuran dan imbauan dari pemerintah.

Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

“Kita harus siap lawan dengan langkah-langkah pencegahan yang benar dan tepat sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh pemerintah selama ini,” katanya.

Baca Juga: Natalis Tabuni: ASN Bisa Terima Gaji di Luar Intan Jaya

ads

Ia berharap agar masyarakat tidak menjadikan virus Corona sebagai sesuatu yang menakutkan. Meski demikian, masyarakat harus menjaga diri dengan tidak melanggar anjuran dari pemerintah.

“Jangan jadikan penyakit ini sebagai sesuatu yang menakutkan. Tetapi ini ada pencegahan dan bisa disembuhkan. Jangan sampai trauma. Karena virus ini bukan dosa. Tetap kita putuskan rantai dengan tetap tertib dengan ikut semua anjuran dan tetap kerja dari rumah. Harus jaga diri dari rumah untuk jaga diri, keluarga dan masyarakat umum,” harap Tabuni.

Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

Baca Juga: Pemkab Intan Jaya Anggarkan 10M untuk Hadapi Pandemi COvid-19

Selain itu, ia meminta seluruh masyarakat Intan Jaya yang ada di Nabire, Timika dan Jayapura baik PNS, pengusaha, masyarakat, mahasiswa dan siapa pun harus berada di tempat saat ini dan tidak boleh ke Intan Jaya sampai ada petunjuk selanjutnya.

“Kita semua harus menjaga kesehatan masing-masing dengan cara rajin cuci tangan, jangan saling sentuh antara satu dengan yang lain, tidak boleh kumpul-kumpul. Tahapan pencegahan ini harus dipatuhi semua masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Jalur Darat dan Udara ke Intan Jaya Ditutup

Tabuni juga meminta para pengusaha dan pedagang yang ada di Intan Jaya supaya tidak menaikan harga semaunya.

Baca Juga:  Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

“Tidak boleh lakukan penimbunan dan tidak boleh naik sepersenpun. Maka itu akan berurusan dengan Intan Jaya. Kami akan cabut ijin,” tegasnya.

Bupati menambahkan, pemerintah Intan Jaya punya moto adalah bersatu untuk lawan Covid-19 di Intan Jaya, Meepago dan Papua.

Baca Juga: Pemkab Intan Jaya Siaga Covid-19

Dijelaskan, langkah-langkah yang sudah diambil pemerintah kab. Intan Jaya dalam gugus tugas pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sesuai dengan arahan Gubernur dan kesepakatan para bupati Meepago adalah akses penerbangan dari Timika dan Nabire ditutup dan dilarang.

“Untuk bama, logistik, alkes dan tim tetap terbuka. Tetapi harus mematuhi langkah-langkah pencegahan. Sehingga ekonomi di Intan Jaya tidak macet. Orang tidak boleh ke Intan Jaya,” ujarnya.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaNatalis Tabuni: ASN Bisa Terima Gaji di Luar Intan Jaya
Artikel berikutnyaSonny Wanimbo: Pernyataan Luhut dan Tito Tidak Pro Masyarakat