Naftali Tipagau Ditahan di Rutan Polda Papua

0
1261
Siska Abugau, anggota MRP (tengah), Emmanuel Gobay (Biru), Direktur LBH Papua, salah satu pejabat utama Polda Papua di Mapolda Papua dan salah satu mahasiswa. (Ist)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Sekertaris jenderal (Sekjen) Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Intan Jaya, Naftali Tipagau telah ditangkap Timsus Nemangkawi dan diamankan di rumah tahanan (rutan) Polda Papua.

Majelis Rakyat Papua (MRP) bersama Lembaga Bantuan Hukum(LBH) Papua telah memastikan keberadaan terakhir Tipagau setelah penangkapan belum lama ini.

Hal itu disampaikan ketua kelompok kerja (Pokja) Perempuan MRP, Siska Abugau kepada suarapapua.com di Waena, Selasa, (5/1/2021).

“Saya dan Direktur LBH Papua, pak Emanuel Gobay serta beberapa mahasiswa tadi langsung ke Polda Papua. Terus kami tanya di Reskrim Polda lalu mereka sampaikan bahwa dia ada di sini [Polda]. Kemarin tim Nemangkawi tangkap dia,” jelas Abugau.

Baca Juga:  Seribu Pohon Sagu di Sorong Digusur Demi Menanam Kelapa Sawit

Abugau mengakui bahwa pihaknya belum menjelaskan alasan penangkapan Tipagau. Pihak kepolisian hanya menyampaikan bahwa kasus ini masih dalam proses penyelidikan, sehingga belum tahu alasan penangkapannya.

ads

“Kami tanya alasan kenapa ditangkap, tapi mereka belum sampaikan alasannya. Mereka bilang karena baru tangkap kemarin. Terus untuk diminta penjelasan lebih lagi maka harus ketemu direktur Reskrim. Makanya kami baru pulang sore ini,” kata Abugau.

Baca Juga:  Istri Kadis DPMK Yahukimo Disandera Tim ADEKAYA Selama 5 Jam di Dekai

Sementaraitu, pihak keluarga Tipagau menjelaskan bahwa Naftali ditangkap didepan Kampus Yapis Papua di Dok. V Jayapura, ketika istri dan anaknya hendak ambil uang makan di ATM Bank BRI.

“Saat istrinya masuk di ATM, Naftali bersama anaknya berdiri depan jalan. Kemudian secara tiba-tiba dua mobil Avanza hitam, dan Hailux satu parkir di depan dia [Tipagau].”

Baca Juga:  MRP Papua Tengah Berharap Adanya Penyelesaian Konflik Papua Secara Menyeluruh

“Langsung turun dari mobil tanpa bicara langsung pegang dia dan masukan dalam mobil Avanza, tapi karena dia merontak, maka mereka pegang dia ramput dan masukan di mobil Hailux lalu jalan,” pungkas keluarga Tipagau.

Sementara, Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengakui bahwa “Tersangka aktif dalam organisasi KNPB dengan jabatan sebagai sekretaris umum wilayah Kabupaten Intan Jaya,” jelasnya pada, Selasa (5/1/2021).

 

Pewarta: Yanuarius Weya
Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaPemprov Papua: Program Shift Kerja Belum Dicabut
Artikel berikutnyaSembilan Orang Dikabarkan Ditahan Aparat di Biak Karena Menolak Otsus