Step Pigai Dinobatkan Jadi Ketua KNPB Deiyai

0
1958

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat (BPP-KNPB) melantik secara resmi badan pengurus KNPB wilayah Deiyai atau kabupaten Deiyai, Sabtu (8/5/2021), di Wakeitei, Deiyai.

Pelantikan berdasarkan surat keputusan KNPB Pusat Nomor: 0016.1/INTR/SK/BPP-KNPB/V/2021 tersebut resmi melantik dan menetapkan, Step Pigai (ketua),  Yesaya Mote (wakil ketua),  Melki Pekei (sekertaris), Beatus Pigome (sekertaris I), Mikael Bukega (Juru Bicara dan seterusnya.

Acara pelantikan mengambil tema: “Kita bangkit dan bersatu untuk melawan sistem penjajahan diatas tanah Papua Barat”.

Meki Yeimo, Sekertaris Umum KNPB Pusat, usai melantik, meminta kepada pengurus yang baru dilantik dan seluruh anggota agar bersatu kuat menyukseskan agenda Mogok Sipil Nasional (MSN).

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

“Agenda kita adalah MSN. Tugas kita sekarang adalah melakukan kerja-kerja untuk sukseskan. Tujuannya supaya cepat cita-cita seluruh rakyat Papua pisah dan merdeka sendiri sebagai sebuah negara dari negara kolonial Indonesia terwujud,” ucapnya dalam sambutan.

ads

Kerjanya, dikatakan, terus kabarkan kebenaran sejarah perjuangan bangsa Papua yang telah dilakukan dan ditetapkan oleh para pejuang terdahulu kepada sesama rakyat Papua sekarang terutama generasi penerus agar api semangat perlawanan berkobar dari masa ke masa, generasi ke generasi hingga Papua merdeka penuh.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

“Musuh terbesar kita bukan kolonial, bukan sesama kita orang Papua yang sudah bergabung kerjasama dengan kolonial, tetapi adalah rasa ketakutan yang ada dalam diri kita. Lawan dan taklukkan itu,” tandasnya.

Ia juga meminta sumpah dan janji perjuangan dipegang teguh. Tidak tergoda dalam atau dengan segala rayuan gombal kolonial.

“Kolonial tidak akan pernah tinggal diam. Tetapi untuk kebenaran yang sudah sejak 1961 diambil paksa dan diperkosa kolonial, berjuang hingga sampai sekarang tidak akan pernah kalah. Alam Papua, Tuhan yang menciptakan kita dan tanah Papua dan arwah leluhur para pejuang selalu akan menyertai kita,” tukasnya.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Step Pigai, ketua KNPB terpilih, akui apapun konsekuensi perjuangan untuk merebut Papua Merdeka, siap ia bersama kawan-kawannya jalankan tanpa mundur selangkah pun sesuai amanah organisasi KNPB.

“Perjuangan sampai akhir adalah roh perlawanan kita melawan segala sistem penjajahan kolonial diatas tanah Papua. Apapun konsekuensi harus siap kita tanggung. Mari kita lebih kuatkan lagi barisan disetiap basis,” singkatnya.

Acara diawali ibadah ini ditutup dengan doa dan makan bersama. Hadir, Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Deiyai, pengurus KNPB wilayah Dogiyai dan TPNPB-OPM wilayah Deiyai.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaSatgas Nemangkawi dan Media-media di Indonesia Bikin Tindakan Bodoh dan Memalukan
Artikel berikutnyaTPNPB Minta KNPB Deiyai Buang Segala Rasa Takut