BeritaOlahragaTim Sepak Bola Putra Papua ‘Hajar’ Jawa Barat 5-1

Tim Sepak Bola Putra Papua ‘Hajar’ Jawa Barat 5-1

Pertandingan Perdana Babak Penyisihan Grup A PON XX

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Tim sepak bola putra Papua bikin kejutan di laga perdana babak penyisihan cabang olahraga sepak bola pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Tim Jawa Barat sebagai juara bertahan pada PON 2016 dibuat tidak berkutik oleh Ricky Ricardo Cawor dan kawan-kawan di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Senin (27/9/2021) sore, dengan skor akhir 5-1.

Kemenangan bagi tim besutan Eduard Ivakdalam pada pertandingan bergengsi itu diwarnai lima gol ke jala jawa Barat. Dua gol dicetak Arody Uopdana, berikut dua gol dari Ricky Ricardo Cawor, dan satu gol dari Samuel Gideon Balinsa.

Gol-gol indah tersebut dihasilkan pada babak pertama (dua gol) dan tiga gol di babak kedua.

Satu-satunya gol penghibur Jawa Barat dicetak Wildan R Nugraha pada menit ke-53.

Hasil memuaskan ini menurut Eduard Ivakdalam, memacu semangat skuatnya tampil lebih baik lagi di pertandingan berikut menghadapi dua tim lain dalam babak penyisihan grup A.

“Puji Tuhan, hari ini kitong sudah menang. Semoga adik-adik pemain tetap fokus dan semangat untuk siap bermain lagi. Langkah kita masih panjang, masih harus menjalani beberapa pertandingan lagi,” kata Edu usai mengalahkan tim Jawa Barat.

Mantan kapten Persipura ini tak lupa berharap dukungan doa dari seluruh masyarakat Papua.

“Mohon doakan tim sepak bola putra Papua yang sedang bertanding di PON XX,” pinta Edu sembari bertekad rebut medali emas.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Ricky Ricardo Cawor, kapten tim Papua yang menyumbang dua gol di laga pembuka, merendah dengan hasil yang diperoleh sore ini.

Menurut Ricky, masih ada beberapa kekurangan saat menghadapi tim Jawa Barat.

“Kami akan perbaiki beberapa kekurangan tadi supaya pada pertandingan berikut kami tampil lebih baik,” kata pesepakbola asal Asmat yang lahir dan besar di Kota Rusa Merauke.

Kemenangan perdana ini membawa tim Papua memimpin klasemen sementara Grup A dengan raihan tiga poin. Sedangkan kesebelasan Jawa Barat yang dibesut coach Yudhiantara aman di dasar klasemen sementara.

Sementara itu, di Grup B, Jawa Timur versus Sulawesi Selatan di Stadion Mahacandra Uncen, yang juga dimainkan pada waktu bersamaan, berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Jawa Timur.

Gol Indah

Sejak wasit meniup peluit, tim Papua melancarkan rangkaian serangan ke jantung pertahanan Jawa Barat. Tetapi selalu dipatahkan barisan belakang tim juara bertahan itu.

Pada menit ke-8 tim Papua berhasil membuka keran gol melalui Arody Uopdana. Pemain asal Pegunungan Bintang yang berdiri bebas tanpa kawalan itu sukses menanduk umpan silang dari Alfons Migau. Tandukan Arody tak mampu dijangkau kiper Jawa Barat Ade Candra. Jala pun bergetar.

Baca Juga:  Sore Ini di Cilacap, Mutiara Hitam Siap “Tombak” Hiu Selatan

Satu peluang didapat Jawa Barat pada menit 23, tetapi berhasil diblok kiper Papua, Adzib Al Hakim Arsyad.

Menit ke-40, Ricky Cawor nyaris menambah gol setelah menerima umpan di tengah kotak penalti dari Yether Amohoso. Sayang, tembakan Ricky pemilik nomor punggung 10 itu tak tepat sasaran.

Dua menit kemudian, Arody Uopdana memanfaatkan umpan tarik manis dari Ricky Cawor menggetarkan jala Jawa Barat. Papua unggul 2-0. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tim Papua terus memanfaatkan lebar lapangan. Baru enam menit setelah turun minum, satu gol indah kreasi Samuel Gideon Balinsa memperlebar keunggulan tim Papua.

Gol ini tercipta setelah Samuel menerima bola liar di dekat area kotak penalti dan mampu melewati tiga pemain lawan.

Menit ke-53 terjadi gol balasan dari Jawa Barat.

Selama tiga menit kemudian tim Papua memperagakan permainan menarik. Menit ke-57, Ricky Cawor cetak satu gol. Hanya saja, sang kapten dianggap offside, sehingga golnya dianulir.

Ricky akhirnya membayar lunas dengan satu sundulan melambung yang sulit dijangkau kiper Jawa Barat.

Lagi-lagi, Ricky Cawor kembali menambah satu gol pada menit ke-86.

Dalam empat menit sebelum waktu normal tak ada gol lagi. Tim Papua menang 5-1.

Pada laga pembuka ini coach Edu menurunkan pemain terbaiknya: Adzib Al Hakim Arsyad, Ari Wakum, Alfons Migau, Marthin Alesandro Dusay, Inyoman Nikson Ansanay, Calvin Rering, Yether Amohoso, Samuel G Balinsa, Jefron Sitawa, Arody Uopdana, dan Ricky R Cawor.

Baca Juga:  Skuat Persipura Awali Babak Play-off Degradasi Dengan Berat

Di bangku cadangan ada kiper Jhon Pigai, Giovani Numberi, Randy Christian May, Imanuel Basna, Bill Keno, Hermando Walilo, Natalis Sirim, dua striker Rafiko Nawipa, dan Salvador Ayomi.

Masih Dua Pertandingan

Sesuai jadual yang ditetapkan panitia penyelenggara, tim Papua akan kembali bertanding pada hari Jumat (1/10/2021) menghadapi tim Maluku Utara di Stadion Mandala.

Laga ketiga babak penyisihan grup A, Papua akan menjamu tim NTT di stadion yang sama, Minggu (3/10/2021).

Selanjutnya masuk babak enam besar setelah melewati babak penyisihan grup. Sebelum babak enam besar, panitia akan adakan technical meeting pada Selasa (5/10/2021).

Babak enam besar dimulai tanggal 6 sampai 10 Oktober 2021. Sesudahnya masuk babak semifinal (12/10/2021), dan terakhir babak final pada 14 Oktober 2021 di Stadion Mandala dan SBY Sentani.

Sepak bola putra merupakan salah satu cabang olahraga PON XX Papua yang dimainkan lebih awal sebelum upacara pembukaan pesta olahraga empat tahunan yang akan diselenggarakan akhir pekan ini, Sabtu (2/10/2021) di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Rapat Pleno Terbuka Tingkat Kabupaten Tambrauw Masih Berlanjut

0
“Waktu plenonya sangat singkat, sehingga butuh kerja sama dari semua pihak agar proses ini berjalan dengan lancar dan aman hingga selesai,” kata Andreas Daniel Kambu, ketua KPU provinsi Papua Barat Daya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.