BeritaOlahragaCoach Alfredo Bawa Keberuntungan bagi Persipura

Coach Alfredo Bawa Keberuntungan bagi Persipura

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dibawah asuhan pelatih baru, Persipura Jayapura sukses raih tiga poin setelah kalahkan Tira Persikabo 2-1, Senin (22/11/2021) sore di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Kehadiran coach Angel Alfredo Vera seperti membawa keberuntungan bagi Persipura dalam laga pekan ke-13 lanjutan kompetisi BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Selain gol bunuh diri dari Roni Beroperay pada awal babak pertama tepatnya menit 9, satu gol berikut dicetak Ferinando Pahabol ke gawang Tira Persikabo yang dikawal kiper Tedi Heri Setiawan.

Gol kedua pada menit 35 setelah Pahabol memanfaatkan long pass dari salah satu pemain belakang Persipura. Dengan aksi individu, Pahabol melewati tiga pemain lawan dan sukses mencetak gol cantik.

Tak berselang lama, pada menit 37, Ciro Alves merobek gawang Persipura. Ciro Alves memanfaatkan bola muntah dari kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Skor sementara 2-1 akhiri babak pertama.

Selama babak kedua, serangan silih berganti dari kedua tim. Tetapi, tak ada tambahan gol.

Hingga wasit Mansyur meniup peluit panjang, skor tak berubah. Persipura memenangkan pertandingan ini.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

Hasil ini yang pertama kali diraih tim berjuluk Mutiara Hitam setelah dalam enam laga sebelumnya menelan kekalahan beruntun.

Ian Louis Kabes dan kawan-kawan kini mengoleksi delapan poin, dan naik satu tangga dari dasar klasemen sementara.

Kemenangan ini tercatat yang pertama kali setelah ditangani Angel Alfreo Vera selepas Jacksen Ferreira Tiago.

Dalam konferensi pers usai pertandingan, Alfredo mengaku bersyukur atas hasil positif atas Persikabo 1973.

“Terima kasih kepada para pemain yang sudah bekerja keras untuk (mendapat) tiga poin dalam pertandingan tadi,” ucap mantan pelatih Persebaya Surabaya itu.

Meski baru sehari berkumpul dan latihan satu kali jelang pertandingan, ia merasa hasil positif sudah diperlihatkan skuatnya. Alfredo anggap ini modal awal untuk melangkah melakoni lanjutan kompetisi.

Awalnya ia lihat para pemain agak sulit kembangkan permainan, tetapi bersyukur karena kemudian bisa kuasai pertandingan hingga berhasil menang dengan dua gol.

“Latihan satu kali dan lebih banyak saya memberikan motivasi kepada pemain. Ya, hari ini kita mencatatkan hasil positif untuk buka jalan agar keluar dari zona degradasi. Kita tetap bersemangat untuk  berjuang lagi di pertandingan-pertandingan berikut,” tuturnya.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Alfredo yakin hasil positif dari laga melawan Tira Persikabo memberi dampak sama tim untuk mempersembahkan yang terbaik.

Susunan Pemain

Persipura: Dwi Fitrul Rustapa, Israel Wamiau, David Rumakiek, M Tahir, Brian Fatari, Takuya Matsunaga, Nelson Alom, Hedipo Gustavo, Elisa Basna, Yevhen Bokhashvili, Ferinando Pahabol.

Cadangan: Dede Sulaiman, Geri Mandagi, Doni Monim, Evraim Awes, Charenz Huwae, Wulf Horota, Irsan Lestaluhu, Fridolin Yoku, Theo Numberi, Jushak Isir.

Pelatih: Angel Alfredo Vera.

Tira Persikabo: Tedi Heri Setiawan, Didik Wahyu Wijayance, Roni Beroperay, Gilang Ginarsa, Pushniakou Siarhei, Shumeiko Veniamin, Andre Oktaviansyah, Hendra Adi Bayauw, Dimas Drajad, Izmy Yaman Hatuwe, Ciro Alves.

Cadangan: Diky Indiyana, Andy Sety Nugroho, Ikhsan Marzuki, Julyano Pratama Nono, Ahmad Nofiandani, Gustur Cahyo Putro, Munadi, Roni Sugeng Ariyanto, Ronaldo Wanma, Talovic Danin.

Baca Juga:  PSBS Biak Pecahkan Sejarah: Laju ke Final Liga 2 Sekaligus Promosi Liga 1

Pelatih: Igor Kriushenko.

Harapan kepada pelatih baru untuk mengangkat posisi tim di klasemen sementara telah dikemukakan Benhur Tomi Mano, ketua umum Persipura, saat mengumumkan secara resmi sehari sebelum laga pekan ke-13.

“Kami berharap coach Alfredo bisa angkat kembali semangat dan motivasi bermain anak-anak, sekaligus kembalikan ciri khas permainan kita. Dan kita doakan semoga bisa keluar dari zona degradasi,” ujar Mano.

Diketahui, selama berkarier sebagai pelatih sepak bola di Indonesia, Alfredo belum memberi gelar buat klub lain, kecuali dengan Persipura pada tahun 2016 yakni juara Indonesia Soccer Championship (ISC). Saat melatih klub lain, pelatih asal Argentina itu lebih banyak berakhir tragis, dipecat.

Persipura akan melakoni laga berikut pada pekan ke-14 melawan PSM Makassar, Sabtu (27/11/2021) di Stadion Madya, Magelang, Jawa Tengah.

PSM tebar ancaman terhadap Persipura sebagai tumbal setelah tiga pertandingan sebelumnya tanpa kemenangan. Dilansir Kompas.com, penegasan itu dilontarkan Milomir Seslija, pelatih kepala PSM.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Partai Demokrat se-Papua Tengah Jaring Bakal Calon Kepala Daerah Jelang Pilkada...

0
Grace Ludiana Boikawai, kepala Bappiluda Partai Demokrat provinsi Papua Tengah, menambahkan, informasi teknis lainnya akan disampaikan panitia dan pengurus partai Demokrat di sekretariat pendaftaran masing-masing tingkatan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.