Tanah PapuaDomberaiKonferda III GMNI, Bernard Sagrim: Papua Butuh Generasi Cerdas

Konferda III GMNI, Bernard Sagrim: Papua Butuh Generasi Cerdas

SORONG, SUARAPAPUA.com — Bupati kabupaten Maybrat dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan konferensi daerah (Konferda) III Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Tanah Papua mengajak kader GMNI untuk melihat permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat Papua.

“Kita kembali melihat tema, dengan gotong royong kita dapat menyelesaikan permasalahan. Banyak masalah yang terjadi di Tanah Papua, baik ekonomi, pendidikan dan sebagainya,”ujar Bernard Sagrim di gedung Keik Malamoi Kota Sorong, Senin (22/11/2021).

Baca Juga:  Yakobus Dumupa Nyatakan Siap Maju di Pemilihan Gubernur Papua Tengah

Menurutnya, Konferda III GMNI di Tanah Papua dengan tema “Merajut kembali semangat gotong royong demi mewujudkan cita-cita revolusi 1945”, menjadi acuan bagi kader-kader GMNI di Tanah Papua melihat masalah secara bersama-sama.

“Generasi muda harus peka terhadap berbagai permasalahan di sekitar kita. Harus cerdas dan kritis dengan memberikan solusi konstruktif,” kata Sagrim.

Sementara itu, Imanuel Cahyadi, ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GMNI periode 2019-2022, menambahkan, keberadaan organisasi GMNI sesuai misi awal yakni memperjuangkan kepentingan masyarakat pada umumnya.

Baca Juga:  Polri akan Rekrut 10 Ribu Orang untuk Ditugaskan di Tanah Papua

“Sebagai organisasi kerakyatan dengan basis mahasiswa, kita diwajibkan mempunyai basis advokasi, sehingga harus turun langsung. Tidak hanya melakukan analisis, tetapi ikut membantu melihat permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat,” tuturnya.

Terkait situasi dan isu-isu Papua akhir-akhir ini, sebagai organisasi nasionalisme, Imanuel mengapresiasi komitmen Pangdam Cenderawasih terhadap perlunya dialog untuk menyelesaikan masalah di Tanah Papua.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

“Nasionalisme itu bisa terwujud ketika demokrasi politik dan ekonomi menyentuh rakyat Papua. Upaya awal untuk menangkal separatis di Papua tidak perlu dengan cara-cara represif, tetapi bisa dilakukan dengan dialog seperti yang disampaikan oleh Pangdam Cenderawasih. Karena ketika kita inginkan kesatuan dan persatuan, maka harus ada tindakan, bukan sekedar ucapan,” pungkasnya.

Pewarta: Reiner Brabar
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.