Tinus Pae Tidak Diturunkan pada Laga Lawan Persiraja Malam Ini

0
1030

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Perjuangan manajemen Persipura Jayapura memulangkan dua pemain seniornya berhasil. Meski tidak dengan Boaz Solossa yang masih berkostum Borneo FC, rekannya Yustinus Pae sudah resmi kembali ke tim berjuluk “Mutiara Hitam”.

Yustinus Pae yang lazim disapa Tinus Pae atau Tipa tampak akrab saat bersua dengan skuat Persipura, Kamis (13/1/2022) kemarin. Tipa terlihat melepas senyum manis tatkala bersalaman sama para pemain Persipura sebelum memulai latihan bersama.

Tipa sebelumnya dipaksa tinggalkan tim yang dibelanya selama 13 tahun, dengan alasan kasus indisipliner. Ia kemudian memperkuat Dewa United di Liga 2 hingga lolos ke Liga 1 musim 2022. Boaz Solossa juga dicoret dengan kasus yang sama.

Selain pemain, melalui unggahan akun Youtube resmi Persipura Jayapura, Tipa disambut hangat manajemen Persipura.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Arvydas Ridwan Madubun, manajer tim Persipura, menyampaikan selamat bergabung kembali kepada pemain senior ini.

ads

“Selamat kaka senior,” sambut Madubun.

Konon kepulangan Tipa sesuai keinginan sang pelatih untuk memperkuat barisan belakang Persipura di putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2021.

Angel Alfredo Vera bahkan sempat menyinggung rencana pemain yang mengawali karier bersama Persimi Sarmi itu saat post match press conference usai Feri Pahabol dan kawan-kawan kalahkan Persija Jakarta.

“Tinus Pae akan kembali (ke Persipura),” ucapnya menanggapi pertanyaan wartawan tentang rencana menambah amunisi baru sebelum jendela transfer pemain ditutup.

Alfredo memang menginginkan Tinus Pae kembali bergabung dengan Ian Kabes dan kawan-kawan. Juga menghendaki Boaz Solossa sebagai “roh” Persipura. Hanya saja niat pulangkan sang legenda itu terganjal kontrak resmi Borneo FC yang kabarnya diikat selama dua musim kompetisi.

Baca Juga:  PSBS Biak Pecahkan Sejarah: Laju ke Final Liga 2 Sekaligus Promosi Liga 1

Meski begitu, untuk sementara, Tipa dianggap sudah membawa angin segar bagi para pemain terutama pemain muda sebagai panutan di dalam maupun luar lapangan.

Situasi itu tampak pada saat latihan bersama yang diikuti Tipa.

Pemain asal Jayapura itu selama beberapa waktu lalu bergabung dengan Dewa United di Liga 2. Tipa turut berkontribusi dalam meloloskan ke Liga 1 musim 2022.

Tipa Tidak Dimainkan Malam ini

Ini juga sepertinya meyakinkan sang pelatih memberi Tipa menit bermain. Namun pada laga menghadapi Persiraja Banda Aceh, Minggu (16/1/2022) nama Tinus Pae tidak ada di dalam daftar starting XI maupun cadanga.

Jika diturunkan, tentu saja Tipa akan mengisi posisi semula: bek kanan. Posisi ini dianggap rawan selama putaran pertama maupun pada dua pertandingan di putaran kedua. Ia bakal memperkuat lini vital ini untuk mengawal barisan belakang Persipura.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

“Peluang bermain, ada. Kami akan pantau perkembangannya selama beberapa hari ini. Sebelum pertandingan, saya akan menentukan setelah melihat itu dia diturunkan duluan atau dari belakang kita mainkan,” kata Alfredo.

Kurang dari satu jam sebelum pertandingan dimulai, Persipura Jayapura telah merilis nama-nama pemain yang akan bermain pada laga kali ini. Dan nama Tinus Pae tidak ada di dalam daftar pemain yang akan bermain maupun dalam daftar cadangan.

Itu artinya Tinus Pae tidak dimainkan pada laga perdana usai ia kembali ke klub yang ia bela selama 13 tahun, yakni Persipura Jayapura pada putaran kedua liga 1 tahun 2022.

REDAKSI

Artikel sebelumnyaSemangat Tim Persipura Jelang Kontra Persiraja
Artikel berikutnyaPahabol Gagal Penalti, Persipura Buang Tiga Poin Lawan Persiraja