Satu Gerilyawan TPNPB Gugur dalam Kontak Tembak di Ilaga, Puncak Papua

0
1325

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kasar Kulua, Komandan Batalyon TPNPB Kodap Ilaga dilaporkan telah gugur dalam kontak tembak yang terjadi antara gerilyawan TPNPB dengan TNI/Polri pada Minggu (20/2/2022) di Ilaga, Puncak Papua, Provinsi Papua.

Seorang sumber informasi suarapapua.com, dari Ilaga melaporkan, kontak tembak terjadi pada Sabtu dan Minggu di ibu Kota kabupaten Puncak Papua. Menurut dia, kontak tembak terjadi setelah ada penyerangan dari para gerilyawan TPNPB kepada anggota TNI di bandara Aminggaru pada Sabtu kemarin dan pada minggu di tiga lolkasi yang berbeda.

Baca Juga:  Nomenklatur KKB Menjadi OPM, TNI Legitimasi Operasi Militer di Papua

“Dalam kontak tembak yang terjadi pada hari minggu, Kasar Kulua gugur. Dia anggota TPNPB di Ilaga dan bawahan dari Kelenak Murib,” ungkapnya kepada suarapapua.com, Senin (21/2/2021) siang dari Ilaga.

Pernyataan sumber suara papua di Ilaga dikonfirmasi dan telah dibenarkan Sebby Sambom, Juru Bicara TPNPB. Melalui siaran persnya, Sambom mengatakan, pasukan teroris yaitu TNI Polri telah tembak satu anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM).

Baca Juga:  MRP dan DPRP Fraksi Otsus se-Tanah Papua Minta Jokowi Terbitkan Perppu Hak Politik OAP

“Kalenak Telenggen melaporkan bahwa Kontak Senjata telah terjadi lagi Pada Hari Minggu tanggal 20 February 2022 tepat pukul 12:25 waktu Papua. Dan dalam kontak senjata tersebut pasukan terbaik TPNPB atas nama Kasar Kulua,” ujar Sebby membenarkan.

ads

Dia mengatakan, pemakaman terhadap jenazah Kasar Kulus telah dilakukan pada pukul 19:00 malam waktu Papua secara kemiliteran TPNPB.

Baca Juga:  Atasi Konflik Papua, JDP Desak Pemerintah Buka Ruang Dialog

Dengan gugurnya salah satu gerilyawan TPNPB, lanjut Sebby, pihaknya mengumumkan duka nasional.

Dari penyerangan yang dilakuan TPNPB pada hari Sabtu, telah mengakibatkan seorang anggota TNI dan seorang warga sipil turut menjadi korban.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaRapat Pleno Diperluas Akan Bahas Tujuh Materi Utama Sidang Sinode GKI
Artikel berikutnyaTerungkap! Ini Alasan Gagalnya Laga Persipura Vs Madura United