BeritaMP Wale: Fiji Harus Abaikan Protes Indonesia Soal ULMWP

MP Wale: Fiji Harus Abaikan Protes Indonesia Soal ULMWP

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Anggota Parlemen dan Pemimpin Oposisi Kepulauan Solomon, MP Matthew Wale menyarankan kepada Pemerintah Fiji agar menolak protes yang dilayangkan Pemerintah Indonesia belum lama ini.

Pernyataan itu disampaikan Wale kepada suarapapua.com pada, Rabu (9/3/2023) lantaran protes pemerintah Indonesia atas pertemuan Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda dan Perdana Menteri Fiji, Sitiveni Rabu belum lama ini di Nadi, Fiji.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan pihaknya yang pertepatan dengan retreat para pimpinan Pacific Islands Forum (PIF) di Nadi Fiji itu, PM Fiji menyatakan akan mendukung ULMWP untuk menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group atau MSG) dalam pertemuan MSG akhir tahun 2023.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

“Fiji harus mengabaikan protes dari Indonesia, [karena] MSG didirikan untuk dekolonisasi bangsa-bangsa Melanesia,” tegas Wale melalui pesan elektronik dari Honiara, kepada suarapapua.com.

Ia lalu menyatakan bahwa dirinya mendukung penuh ULMWP menjadi anggota penuh Melanesian Speardhead Group dan Indonesia dikeluarkan dari MSG.

“Saya mendukung upaya ULMWP untuk menjadi anggota penuh MSG, dan Indonesia harus dikeluarkan dari MSG,” tukasnya.

Sebelumnya, dalam postingan twiter Wale memuji kepemimpinan Perdana Menteri Fiji Sitiveni Rabuka. Lantas ia menantang Perdana Menteri PNG James Marape dan Perdana Menteri Solomon Islands Manasseh Sogavare.

“Kepemimpinan yang luar biasa dari PM Fiji Rabuka. Sekarang mari kita lihat apa yang akan dilakukan oleh Marape dan Sogavare. Saatnya memperbaiki yang salah dan mengakui ULMWP sebagai anggota penuh MSG. Tidak ada alasan lagi!” tegas Wale.

Baca Juga:  Pencaker Palang Kantor Gubernur Papua Barat Daya

Sebelumnya, Jubir Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah menyatakan pemerintah menyampaikan protes keras atas pertemuan PM Rabuka dengan seorang pemimpin separatis Papua.

Nota diplomatik itu disampaikan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri kepada pihak Fiji pada 23 Februari 2023.

Dalam nota diplomatik itu pihaknya menyampaikan kekecewaanya yang mendalam atas pertemuan PM Fiji dan Benny Wenda.

Baca Juga:  Negara Mengajukan Banding Atas Vonis Frank Bainimarama dan Sitiveni Qiliho

Indonesia sendiri saat ini berstatus sebagai Asossiate Member di MSG, sementara United Liberation Movement for West (ULMWP) berstatus sebagai observer.

 

Pewarta: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.