Tanah PapuaLa PagoWakil Bupati Yalimo Tutup Usia, Kehilangan Orang Terbaik

Wakil Bupati Yalimo Tutup Usia, Kehilangan Orang Terbaik

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — John W. Wilil, wakil bupati kabupaten Yalimo periode 2022-2024, tutup usia, Minggu (30/4/2023) malam.

Edison Wilil, perwakilan keluarga duka, menjelaskan, saudaranya itu menghembuskan napas terakhir sekitar Pukul 24.00 WIT. Kata Edison, John W. Wilil menderita sakit sejak tahun lalu.

“Bapak masuk rumah sakit ini [Dian Harapan Waena] sejak bulan Desember 2022. Sudah beberapa bulan ini berobat. Dari sejak Desember 2022, beliau masuk keluar rumah sakit ini,” kata Edison kepada suarapapua.com di RS Dian Harapan, Waena, kota Jayapura, Senin (1/5/2023).

Setelah Desember 2022 masuk rumah sakit, almarhum sempat pulang ke kediamannya. Tetapi kembali berobat lagi. Kata Edison, sudah tiga kali masuk keluar rumah sakit sebelum meninggal dunia.

Baca Juga:  Pemerintah Dituding Aktor Perampas Tanah Adat Papua

“Dari bulan Desember itu beliau masuk rumah sakit, kemudian keluar. Terus bulan Februari 2023 masuk berobat, terus keluar lagi. Sampai bulan Maret masuk rumah sakit. Kami tinggal satu bulan di sini [rumah sakit], terus tadi malam bapak tinggalkan kami untuk selamanya,” jelas Edison.

Kata Edison, wakil bupati Yalimo menghembuskan napas terakhirnya tepat jam 12 malam.

“Sungguh. Kami merasa sedih sekali. Kami sangat kehilangan orang terbaik,” ucapnya sembari menyeka air mata di pipi.

Mendengar kabar duka itu, sejak pagi tadi pelataran RS Dian Harapan dibanjiri orang. Terlihat ratusan warga masyarakat Yalimo beserta mahasiswa tumpah ruah.

Isak tangis terdengar di sana. Mereka tidak menerima orang nomor dua di kabupaten Yalimo itu tutup usia di saat rakyat sedang membutuhkan karya dan pengabdiannya.

Baca Juga:  Inilah Sikap Resmi KNPB Terhadap Agenda Pemilu 2024
Warga masyarakat Yalimo yang berdomisili di kota dan kabupaten Jayapura mengantar jenazah John W. Wilil di bandara Sentani, Senin (1/5/2023) pagi. (Liwan Wenda – SP)

Pantauan suarapapua.com, ratusan orang datang melihat langsung jenazah almarhum John W Wilil di RS Dian Harapan.

Setelah jenazahnya ditangani petugas rumah sakit, selanjutnya diantar ke bandar udara Sentani, kabupaten Jayapura, untuk selanjutnya diterbangkan ke Elelim, ibu kota kabupaten Yalimo.

Tepat Pukul 10.30 WIT, mobil Ambulance mulai keluar dari komplek RS Dian Harapan. Iring-iringan kendaraan roda dua dan roda empat yang ditumpangi keluarga duka, kerabat dan mahasiswa Yalimo, mengantarnya menuju Airport Sentani.

Jenazah almarhum John W Wilil diberangkatkan dengan pesawat Trigana Air dari bandara Sentani tepat Pukul 12.04 WIT.

Baca Juga:  MRP Sesalkan Pernyataan Ismail Asso dan Mendukung Proses Hukum

Pemerintah daerah juga mencarter dua pesawat terbang berukuran kecil untuk mengangkut sejumlah perwakilan.

Sementara, yang belum diakomodir dalam penerbangan tadi, akan berangkat besok, Selasa (2/5/2023).

Diketahui, John W. Wilil mendampingi Nahor Nekwek memimpin kabupaten Yalimo setelah melewati pesta demokrasi yang cukup melelahkan. Pilkada Yalimo sempat menyita perhatian publik di seantero Indonesia.

Pesta demokrasi berlangsung sangat lama karena diwarnai gugatan hukum dan aksi protes hingga berimbas pada pembakaran sejumlah fasilitas umum.

Kendati proses pemungutan suara ulang (PSU) kembali digelar, kemenangan milik pasangan Nahor Nekwek dan John W Wilil.

Keduanya resmi dilantik dari Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, 1 April 2022.

Pewarta: CR-01
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Forum Pro Demokrasi Akan Laporkan Pelanggaran Pemilu Distrik Dekai Kepada Bawaslu...

0
“Kemarin kami melihat juga proses rekapan dan pleno yang juga memakan beberapa waktu, sehingga Bawaslu harus bertindak tegas. Karena jadwal pelaksanaan dalam PKPU kan sudah diatur,” ucapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.