Sampah Berhamburan di Kota Dekai, Warga Diminta Buang Sampah pada Tempatnya

0
8817

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Warga belum sadar untuk membuang sampah pada temapt yang sudah disiapkan. Salah satunya adalah sampah yang dibuang depan kantor Dinas Perhubungan Dekai kabupaten Yahukimo.

Melihat hal ini, Eli Magayang, salah satu staf di dinas Perhubungan saat membersihkan sampah yang berhamburan di sepanjang jalan depan kantor perhubungan tersebut mengatakan, sampah yang dibuang adalah sampa pelastik dan karton yang diduga milik warga di sekitar jantung kota Dekai.

“Ada yang buang langsung pake sarung beras 50 kg dan isinya karton tempat rak telur, pempres, pelastik yang berisi ayam es. Jadi saya pikir ini warung-warung yang ada di pemukiman yang selalu buang di sini,” kata Eli kepada Suara Papua di Dekai, Jumat (17/5/2019).

Baca Juga:  Dusun Sagu Maari Milik Marga Klagaf Terancam Hilang

Ia meminta agar warga harus membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah.

“Kalau buang sembarangan begini banyak faktor buruk bisa terjadi, seperti malaria, air meluap karena saluran air tidak lancar. Apa lagi sampah pelastik tidak akan pernah habis. Saya harap warga yang buang sembarangan harus sadar untuk buang pada tempatnya,” tegasnya.

ads

Sementara itu, Niko Soll seorang jurnalis warga di Yahukimo kepada media ini mengatakan pada 2019 Jurnalis Warga punya program untuk membersikan sampah di jantung kota kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  ASN di Jayawijaya Dilarang Ikut Politik Praktis

“Jurnalis Warga di Dekai punya program untuk bersihkan sampah di kota Dekai. Karena warga belum sadar untuk buang sampah di tempat yang sudah disiapkan sambil memberikan penyadaran kepada warga,” jelasnya.

Untuk sampa yang berhamburan di Dekai, ia meminta kepada semua warga yang hidup dan tinggal di Dekai untuk tidak buang tak karuan, sebab lingkungan yang kotor dapat menyebabkan hal-hal yang negatif. Kata dia, antara lain bisa mengundang sakit, bisa membuat air meluap saat hujan, dan kebersihan di kota Dekai tidak terrawat.

Baca Juga:  Pembangunan RS UPT Vertikal Papua Korbankan Hak Warga Konya Selamat dari Bahaya Banjir, Sampah dan Penggusuran Paksa

“Lebih bagus harus buang (sampah) di tempat. Pemerintah juga harus ambil tindakan segera untuk atasi masalah ini. Yaitu dengan kerahkan satgas Yahukimo bangkit dengan libatkan para ASN serta masyarakat sambil sosialisasi,” ujarnya.

Dari pantauan media ini, memang di beberapa tempat di kota Dekai terlihat sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Sampah yang dibuang di depan kantor dinas perhubungan adalah salah satu dari beberapa kasus pembuangan sampah tidak pada tempatnya di Dekai, Yahukimo.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaUsai Dengar Hasil, Guru dan Siswa SMANSA Yahukimo Gelar Acara Perpisahan
Artikel berikutnyaJelang Lebaran, Harga Cabe dan Tomat di Pasar Sore Nabire Naik