UPBU Dekai Adakan Pelatihan PKD

0
2406

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Nop Goliat, Dekai, kabupaten Yahukimo, menerapkan kesiapsediaan mencegah setiap bencana yang kapan saja bisa terjadi terhadap pesawat di lapangan terbang.

Hal ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan penanggulangan kecelakaan darurat (PKD), pada Minggu (14/7/2019) lalu.

Agustinus Felle, kepala Bandara Nop Goliat Dekai menjelaskan, kegiatan yang diadakan pada hari Minggu kemarin merupakan awal, sebab direncanakan akan dilaksanakan setiap per dua bulan.

Baca Juga:  Warga Tiom Ollo Duduki Kantor Bupati Lanny Jaya Minta Atasi Bencana Longsor

“Kegiatan yang kami laksanakan awal bulan dan akhir bulan, selanjutnya kami akan laksanakan kegiatan PKD,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tahap awal dan internal yang dibuat PK bandara dengan tujuan melatih seluruh anggotanya dalam menangani penanggulangan bencana pada pesawat di bandara Dekai.

ads

Pada pelatihan kali ini, jelas Felle, hanya diikuti oleh anggota bandara. Sedangkan seluruh stakeholder yang ada di lingkungan pemerintahan kabupaten Yahukimo akan dilibatkan pada PKD selanjutnya.

Baca Juga:  Konflik Horizontal di Keneyam Masih Berlanjut, Begini Tuntutan IPMNI

“Nanti kami akan lakukan pelatihan pada bulan September lagi, sampai kegiatan umum tahun 2020 itu barulah kita libatkan Pemda, Dinas Perhubungan, RSUD, Puskesmas, BPBD, Polres, dan Koramil,” jelasnya.

Felle menanggap perlu melibatkan semua dengan tujuan untuk mengantisipasi ketika terjadi bencana di bandara, semua yang dilibatkan bisa menanganinya sesuai tugas pokok masing-masing.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Sementara itu, salah satu anggota bandara menilai kegiatan tersebut sangat bagus karena sudah memahami apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan atau bencana terhadap pesawat di bandara Dekai.

“Latihannya kelihatan ringan, tetapi ternyata berat juga. Kami latihan bagaimana kasih padam api dan angkat orang yang dalam keadaan koma,” ucapnya.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaBupati Puncak Bantu Geisler Ap
Artikel berikutnyaMengabdi Sendiri Tanpa Fasilitas Medis