Kembali Lantik Eselon, Bupati Paniai: Penempatan Jabatan Murni

0
1880

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Pejabat administrasi eselon III dan pejabat pengawas eselon IV untuk tiga dinas, Pekerjaan Umum (PU), Kesehatan dan Pendidikan di lingkungan pemerintah kabupaten Paniai yang sebelumnya sempat ditunda, telah dilantik, Sabtu (15/2/2020), di aula kantor Bupati Paniai, Madi.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah janji dan penandatanganan surat keputusan (SK) itu dipimpin langsung bupati kabupaten Paniai, Meki Nawipa.

Selain wakil bupati Paniai Oktopianus Gobai, hadir dalam acara tersebut, Kapolres Paniai, Perwira Penghubung 1705 Paniai, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, para pejabat eselon III dan IV di tiga dinas yang baru dilantiknya adalah orang-orang teruji dan sangat berkompeten di bidangnya masing-masing.

Baca Juga:  Gawat! Di Mimika, 2.500 Ekor Babi Mati Terserang Virus ASF

“Mereka yang saya lantik ini, orang-orang terbaik. Punya potensi kerja di bidang masing-masing. Kemampuan mereka sudah diuji lewat seleksi ketat terbuka yang saya lakukan lalu,” ucapnya awali sambutan.

ads

Dikatakan, orang-orang demikianlah yang harus dapat jabatan di tiga dinas tersebut.

“Ya, karena tiga dinas ini memiliki peran vital dalam melakukan segala pembangunan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan dan kemajuan hidup masyarakat,” jelasnya.

Ia mencontohkan, peran vital seperti membuat jalan dan jembatan layak dan tahan lama, menciptakan pendidikan bermutu dari tingkat SD hingga SMA dan meningkatkan taraf pelayanan kesehatan yang layak pula.

“Itu alasan saya, kenapa bisa saya buat seleksi. Karena saya sungguh-sungguh mau membangun daerah Paniai ini. Tidak ada kepentingan lain-lain,” ujar bupati.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Sehingga diklaimnya, untuk penempatan jabatan murni. Tidak ada unsur intervensi dari dirinya, apalagi dari pihak luar.

“Seleksi dilakukan ketat. Diuji oleh orang-orang teruji, punya pengalaman sarat dan jam terbang kerja tinggi. Jadi, di sini untuk penempatan jabatan, murni. Tidak ada intervensi dari saya, apalagi dari luar,” tekannya.

Lanjut Meki Nawipa, “Kenapa? karena ada juga beberapa keluarga kandung dari bapak dan mama saya yang ikut tes, jatuh. Saya tidak loloskan. Karena memang dilihat dari kemampuan. Terus banyak juga bel masuk dari beberapa kepala OPD minta loloskan keluarga mereka, tapi saya tidak dengar.”

Baca Juga:  Hilang 17 Hari, Anggota Panwaslu Mimika Timur Jauh Ditemukan di Potowaiburu

Karena demikian, ia minta dengan tegas kepada pejabat yang dilantik, dapat bekerja penuh tanggung jawab.

“Bagi yang tidak jalankan Tupoksi dengan baik, apalagi yang tidak aktif selama tiga bulan, saya akan copot langsung jabatannya. Untuk itu, saya harap kalian harus serius jalankan tugas dan tanggung jawab,” pesannya berharap dengan tegas.

Oktopianus Gobai, wakil bupati Paniai, pada kesempatan itu berharap hal yang sama.

“Kerja serius dan harus tepat sasaran. Tidak boleh asal kerja. Masyarakat harus rasakan manfaat dari yang dikerjakan. Koordinasi kerja dalam intern dinas harus baik, terbuka dan jujur,” harapnya.

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaBerkat Jual Ganja Oknum Mahasiswa Ketemu Polisi
Artikel berikutnyaAmos Yeninar, Penyelamat Generasi Emas Papua di Nabire