Mahasiswa Desak Pemkab Tambrauw Bangun Asrama di Jayapura

0
1383

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com—  Mahasiswa asal kab. Tambrauw di Jayapura mendesak dan tuntut pemkab penuhi janjinya untuk membangun asrama permanen. Pasalnya hingga saat ini mahasiswa dari Kabupaten tersebut masih tinggal di kontrakan yang disewa dan dibayar setiap tahun.  

Ketua mahasiswa Tambrauw di Jayapura, Nicodemus Momo bersama mahasiswa lainnya menuntut janji pemkab untuk bangun asrama permanen. Momo bilang janji itu akan terus dikawal hingga asrama permanen dibangun.

“Kami akan terus mengawal dan menuntut janji pemerintah kabupaten Tambrauw sampai asrama permanen dibangun di sini [Kota Jayapura],” jelasnya  kepada suarapapua.com, Selasa (17/3/2020).

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Momo mengatakan, kalau pemkab tidak penuhi janjinya, maka mahasiswa akan demo di kantor DPRD Tambrauw, Papua Barat.

“Kalau permohonan kami tidak dijawab, kami akan mobilisasi mahasiswa untuk demo di kantor DPRD Tambrauw bulan April nanti,” tegasnya.

ads

Lamek Songgeri, Ketua Badan Formatur Pembangun Asrama Permanen mengatakan, mahasiswa meminta supaya pemerintah beli tanah dan bangun asrama. Bukan membeli gedung yang sudah jadi.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

“Tidak boleh membeli gedung yang sudah jadi. Itu sama saja, tidak bisa memuat semua anak-anak mahasiswa Tambrauw di Jayapura,” tegasnya.

Kata Lamek, mahasiswa menuntut pemerintah karena hingga saat ni kapasitas kontrakan yang dikontrak pemkab tidak mampu tampung semua mahasiswa dari Tambrauw.

“Kapasitas kontrakan sudah tidak memuat mahasiswa yang lain dan jug adaik-adik mahsiswa baru. Kami tidur dalam satu kamar dengan jumlah anak yang bisa lebih dari lima. Ini bikin ganggu konsenterasi belajar kami,” katanya.

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Hingga saat ini, tercatat 296 mahasiswa asal Tambrauw ada di Kota Jayapura. 200 mahasiswa tinggal di kosan dan 96 mahasiswa tinggal di kontrakan. Satu kamar di kontrakan, ditempati sebanyak lima hingga sembilan orang.

Pewarta: Maria Baru

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaEnam Aktivis Anti Rasis Deiyai akan Bebas Pekan Depan
Artikel berikutnyaHarga Sirih di Pasar Youtefa Naik