Pengurus UKM Mahasiswa Pencinta Alam Uncen Dilantik

0
1462
Dr. Apolo Safanpo, Rektor Uncen dan Aiesh Rumbekwan, direktur Walhi Papua bersama pengurus UKM Mapala Uncen yang baru dilantik. (Hendrik Rewapatara - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pentingnya melestarikan dan menjaga lingkungan, Walhi Provinsi Papua gandeng Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dengan melantik badan pengurus unit kegiatan mahasiswa (UKM) mahasiswa pencinta alam (MAPALA) Uncen periode 2020-2021.

Direktur Walhi Provinsi Papua, Aiesh Rumbekwan dalam sambutannya menyampaikan, potensi mahasiswa sangatlah penting dan berguna, namun sejauh ini belum ada pendekatan. Maka itu Walhi berpikir untuk membangun sinegritas bersama Uncen khusus, UKM Mapala.

“Di sini kami Walhi berharapa kedepan saya sendiri akan mengkhiri jabatan di tahun depan, tapi tidak berhenti disitu. Karena ini menjadi mandat, maka semoga kedepan kawan-kawan yang hari ini dilantik sebagai UKM Mapala Uncen tetap bekerja sama. Kami juga sedang melirik ke kampus lain, jadi ada sinegritas kerja dilingkungan perguruan tinggi se tanah Papua. itu cita-cita kami Walhi,” kata Rumbekwan, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga:  Generasi Penerus Masa Depan Papua Wajib Membekali Diri

Dr. Apolo Safanpo, Rektor Uncen dalam sambutannya mengatakan, berterima kasih kepada badan eksekutif daerah Walhi Provinsi Papua yang telah menginisiasi, mendorong dan membantu bidang kemahasiswaan di Uncen untuk sama-sama membentuk UKM mahasiswa pencinta alam.

“Jadi dalam pembinaan kemahasiswaan di Uncen, kita ada 5 bidang pembinaan. Yang pertama adalah pembinaan bidang penalaran, di mana dalam bidang ini kita lakukan seminar, maupun kegiatan akamedik.”

ads

“Kedua adalah pembinaan kegiatan minat dan bakat. Itu ada olahraga dan seni. Lalu ketiga ada pembinaan bidang organisasi, BEM, MPM Uncen, BEM Fakuktas dan DPM Fakultas, hingga ke UKM-UKM. Salah satunya adalah UKM Mapala yang baru kita bentuk pada siang hari ini. Yang keempat pembinaan bidang kerohanian, dan yang kelima adalah pembinaan bidang kesekertariatan, seperti beasiswa dan lain-lain,” jelas Dr. Safanpo.

Baca Juga:  KPU Tambrauw Resmi Tutup Pleno Tingkat Kabupaten

Menurut Dr. Safanpo, UKM Mapala sangat dibutuhkan di salah satu universitas untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan. Selama ini, di Uncen belum memiliki UKM ini, maka dengan hadirnya UKM ini akan sangat membantu.

“Hadirnya UKM ini, kita berharap kedepan Universitas Cenderawasih akan ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan.”

Baca Juga:  Hasil Temu Perempuan Pembela HAM dan Pejuang Lingkungan Bersama WALHI Nasional

“Selamat dan sukses atas dilantiknya badan pengurus UKM Mapala Uncen. Ini adalah kesempatan yang baik untuk kita semua belajar hal yang baru.  Jangan membiasakan diri kita dengan hal-hal yang konvensional. Kita harus terus merasa ditantang, didorong oleh motivasi untuk bersama mencoba hal-hal baru.”

“Karena dengan mempelajari hal-hal yang baru dan menguasainya, kita akan memiliki kopentensi yang lebih unggul dibandingkan dengan teman-teman yang lain. Oleh karena itu teruslah belajar,” harap Rektor.

Pewarta: Hendrik Rewapatara

Editor: Elisa Sekenyap 

Artikel sebelumnyaBupati Paling Produktif Menulis Buku
Artikel berikutnyaGalang Kekuasaan Revolusioner!