KNPB Deiyai: Segera Bebaskan Victor Yeimo

0
1097

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Deiyai menyatakan sikap terkait Victor Yeimo. Pihaknya meminta Victor Yeimo, juru bicara KNPB pusat yang sedang mendekam di tahanan, tidak didiskriminasi dan segera bebaskan tanpa syarat.

“Kami meminta negara Indonesia jangan diskriminasi Victor Yeimo dan segera bebaskan dia tanpa syarat,” tegas sekertaris KNPB Deiyai, Melki Pekei, kepada suarapapua.com, Jumat (13/8/2021) dari Deiyai.

Pekei mengatakan rasis adalah musuh segala bangsa di dunia termasuk negara Indonesia, maka negara Indonesia harus hapus.

“Pasal rasis yang dikenakan kepada tuan Victor Yeimo menunjukkan negara Indonesia masih memelihara dengan subur rasis yang adalah musuh semua negara di dunia. Kenapa? Karena Viktor tidak pernah melakukan baik melalui ucapan maupun tindakannya soal rasis.”

Baca Juga:  Mahasiswa Papua di Sulut Akan Gelar Aksi Damai Peringati Hari Aneksasi

“Untuk itu, sekali lagi kami meminta dengan tegas kepada Indonesia yang adalah salah satu negara yang sangat menjunjung tinggi dalam perangi segala tindakan rasis dan HAM, segera bebaskanlah Victor Yeimo,” tegasnya lagi.

ads

Seperti KNPB wilayah lain, pihaknya juga menegaskan bila Victor tidak bebaskan, dalam waktu dekat akan memobilisasi masa di daerah Deiyai turun jalan (melakukan aksi).

“Dengan tuntutan meminta Victor dibebaskan dan meminta Indonesia segera berikan penentuan nasip sendiri bagi bangsa Papua melalui referendum,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada Senin (9/8/2021) lalu, KNPB Nabire juga meminta hal sama kepada Kapolda Papua untuk segera membebaskan tanpa syarat, demi hukum dan demi pemenuhan hak-hak kemanusiaan Victor Yeimo.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

“Victor Yeimo bukan pelaku rasis, dia korban. Tanpa syarat, demi hukum dan demi pemenuhan hak-hak kemanusiaan, kami dengan tegas meminta Kapolda Papua segera bebaskan,” kata Marwery Ogobai, ketua Sektor KNPB Nabire.

Mereka menegaskan pula jika Victor tidak dibebaskan, pihaknya tidak akan tinggal diam. Pihaknya bersama seluruh rakyat Papua akan selalu bersama Victor. Seluru tahanan di Polres dan Polresta kabupaten dan kota di seluruh tanah Papua diminta diperbesar dan perbanyak untuk pihaknya dan rakyat Papua masuk.

Hal yang sama juga disampaikan Agus Kosay, ketua umum KNPB. Agus menghimbau kepada semua komponen rakyat West Papua agar terus mendesak Indonesia bebaskan Victor Yeimo, demi kemanusiaan dan kewibawaan negara Indonesia membebaskan aktivis pejuang kemerdekaan Papua yang ditangkap tanpa dasar, bukti, dan saksi materil. Rakyat west Papua bukan pelaku rasisme!.

Baca Juga:  ULMWP: Pembentukan KKR Upaya Menyembunyikan Pelanggaran HAM Papua Dari Perhatian Internasional

“Apabila Victor Yeimo ditahan tanpa saksi material sebagai tersangka kasus Rasisme 2019, maka Indonesia sendiri sedang hidupkan kembali rasisme yang telah selesai. Dan KNPB akan memobilisasi rakyat West Papua untuk melawan rasisme dan pembebasan juru bicara internasional Komite Nasional Papua Barat (KNPB),” tegas Agus.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaBuchtar Tabuni Desak Bebaskan Victor Yeimo dari Rutan Brimob Papua
Artikel berikutnyaPRP Serukan Aksi Mimbar Bebas Desak Pembebasan Victor Yeimo