Selamat Hari Kemerdekaan Fiji, Benny Wenda: Jangan Melupakan Saudara West Papua

0
1991
Mahasiswa Pasifik ketika membentangkan bendera Bintang Kejora dan benderah Fiji. (Ist - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Benny Wenda, Presiden Sementara dan pemerintahan Sementara West Papua atas nama rakyat Papua Barat mengucapkan selamat kepada bangsa dan rakyat Fiji yang merayakan kemerdekaanya ke 51 tahun [2021].

“Atas nama orang-orang Papua Barat, kami ingin mengucapkan rasa kegembiraan kami dan selamat kepada saudara-saudara Fiji pada minggu yang mana merayakan 51 tahun hari kemerdekaannya,” ucap Benny, Senin (11/10/2021).

Diketahui, Republik Fiji merdeka dari penjajahan Inggris pada 10 Oktober 1970, dan pada 10 Oktober 2021, Fiji merayakan kemerdekaannya yang ke 51 tahun.

Baca Juga:  Ratu Viliame Seruvakula Perjuangkan Keinginan Masyarakat Adat Fiji

“Saya meminta kepada Anda [Fiji] untuk tidak melupakan saudara-saudara anda dari Melanesia lain di Papua Barat yang telah menderita di bawah pemerintahan Kolonial Indonesia selama lebih dari 59 tahun. Tuhan memberkati Fiji,” tukasnya.

Fiji merupakan salah satu dari negara kepulauan di Pasifik yang tergabung dalam Melaneian Spearhead Group (MSG). Di mana diantaranya, PNG, Vanuatu, Fiji, Solomon Islands, dan New Caledonia.

ads
Baca Juga:  Hasil GCC: Ratu Viliame Seruvakula Terpilih Sebagai Ketua Adat Fiji
Direktor MSG bersama staf ketika merayakan hari kemerdekaan Fiji ke 51 tahun. (MSG)

Sementara itu, pejabat sementara (Pj) Direktur Jenderal MSG, George Hoa’au, bersama staf MSG merayakan hut Kemerdekaan Fiji ke 51 tahun di sekertariat MSG di Port Villa.

Selain merayakan hari kemerdekaan Fiji, mereka juga mengapresiasi Fiji yang selama bertahun-tahun terus memajukan kemakmuran sebagai salah satu ekonomi utama di kawasan dengan budaya yang kaya dan beragam.

Kepemimpinan Fiji di kawasan ini dalam memperjuangkan global aktion untuk planet yang lebih hijau dan biru patut diacungi jempol. Negara kepulaun kecil di kawasan ini adalah korban dari krisis perubahan iklim eksistensial yang tidak diciptakan. Sehingga Fiji selalu menyeruhkan agar emisi nol persen menjelang COP26 di Glasgow.

Baca Juga:  PNG dan Indonesia Meratifikasi Perjanjian Pertahanan Untuk Memperluas Kerja Sama Keamanan

“Di sub wilayah kami, komitmen dan dukungan Fiji terhadap MSG dan Sekretariat adalah salah satu yang terus mencerminkan bahwa Fiji tetap melindungi visi dan tujuan sebagaimana diabadikan oleh para Founding Fathers MSG,” tukas George Hoa’au.

 

Pewarta: Elisa Sekenya

Artikel sebelumnyaAktivis Kritik Kunjungan Jokowi ke Papua Melibatkan Banyak Orang Pada Masa Covid
Artikel berikutnyaSemangati Atlet, Pangdam Kasuari Datangi Venue Terjun Payung