Jenazah Filep Karma akan Dimakamkan Hari Ini di TPU Waena

0
1275

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Jefry Wenda, Ketua Koordinator Petisi Rakyat Papua (PRP) mengungkapkan bahwa jenazah almarhum Filep Karma akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Waena yang terletak di Batas Kota, distrik Heram, Kota Jayapura, Papua.

Filep Jacob Semuel Karma atau yang lebih dikenal dengan nama Filep Karma dilaporkan ditemukan warga Base-G dalam kondisi sudah meninggal dunia pada Selasa 1 November 2022.

Jenazah almarhum sempat dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara. Namun di RS Bhayangkara almarhum Filep tidak dilakukan otopsi, melainkan hanya melakukan observasi luar.

Baca Juga:  Hindari Jatuhnya Korban, JDP Minta Jokowi Keluarkan Perpres Penyelesaian Konflik di Tanah Papua

Jenazah almarhum kemudian dibawa ke Rumah Duka yang terletak di Dok V, Jayapura Utara. Rencananya almarhum akan dimakamkan hari ini, 2 November 2022.

Jefry Wenda, Ketua PRP saat dikonfirmasi suarapapua.com mengatakan, almarhum akan dimakamkan di TPU Expo, Waena, distrik Heram. Dia mengatakan, keluarga dan para aktivis dan pejuang Papua sempat berbeda pendapat soal lokasi pemakaman.

ads
Baca Juga:  ULMWP Mengutuk Tindakan TNI Tak Berperikemanusiaan di Puncak Papua

Perbedaan pendapat tersebut, lanjut Wenda, adalah keluarga menginginkan agar almarhum dimakamkan di TPU Pasir II, Jayapura Utara. Sedangkan aktivis dan pejuang kemerdekaan Papua menginkan agar dimakamkan di Expo, Waena.

Menurut Jefry, sampai dengan saat dia memberikan informasi ini, pihak keluarga dan para pejuang serta aktivis sudah mendapat kesepakatan bersama bahwa jenazah almarhum dimakamkan di Expo.

“Tadi memang kami sempat beda pendapat. Tetapi setelah kami melakukan diskusi lagi, kami sudah sepakat untuk almarhum dimakamkan di Waena. Saat ini penggalian liang sedang dikerjakan,” katanya.

Baca Juga:  Direpresif Aparat Kepolisian, Sejumlah Massa Aksi di Nabire Terluka

Dominukus Sorabut, Ketua Dewan Adat Papua (DAP) menambahkan, setelah berdiskusi, lokasi pemakaman telah disepakati untuk almarhum dimakamkan di Waena.

“Setelah ibadah pelepasan dan penghormatan terakhir terhadap almarhum, kami akan bawa ke Waena dan makamkan di TPU Waena,” tambah Sorabut.

Hingga berita ini ditulis dan disiarkan, ibadah pelepasan almarhum sedang dilangsungkan di rumah duka. 

REDAKSI

Artikel sebelumnyaAktivis Papua Merdeka Minta Keluarga Tidak Ambil Kesimpulan Cepat Terkait Kematian Filep Karma
Artikel berikutnyaKetua Himpunan Emdomen dan Intelektual Minta Maaf Atas Pemberitaan HoaksÂ