Nasional & DuniaNZ Membantu Negara-Negara Pasifik Dengan Merespon Campak

NZ Membantu Negara-Negara Pasifik Dengan Merespon Campak

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Menteri Selandia Baru yang bertanggung jawab atas campak mengatakan dirinya sangat prihatin dengan penyebaran penyakit ini ke Samoa dan Tonga.

Menteri kesehatan asosiasi, Julie Anne Genter mengatakan Selandia Baru telah menawarkan saran dan bantuan dan siap membantu dengan cara apa pun.

“Saya mengerti, Samoa sedang bekerja melalui tanggapannya dan pihak berwenang telah meminta dukungan dari Selandia Baru, menunggu sampai kebutuhan Samoa lebih jelas,” kata Genter.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

Baca juga: PM Tuvalu Mencari Bantuan ke Jepang Untuk Bangun ‘pulau buatan’

Epidemi dideklarasikan di Samoa dan Tonga minggu ini, dan keduanya tersebar dari Selandia Baru, di mana wabah di Auckland telah mempengaruhi hampir 2.000 orang.

Samoa dan Tonga masih mencari dukungan dan sumber daya apa yang mereka butuhkan. Sementara, menurut Genter, pemerintahnya siap membantu.

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Dia mengatakan Selandia Baru sudah membantu dengan pasokan vaksin dan meningkatkan rantai dingin, yang merupakan sistem pendingin yang menjaga agar vaksin tetap efektif.

“Saya sadar bahwa melalui UNICEF, Selandia Baru mendukung pekerjaan di Samoa dan di seluruh Pasifik, khususnya seputar memastikan ketersediaan vaksin dan meningkatkan rantai dingin,” kata Genter.

Baca juga: Korps Perdamaian AS Akan Kembali ke Solomon Islands

Baca Juga:  KBRI dan Universitas Nasional Fiji Gelar Seminar Perspektif Kolaborasi yang Lebih Dekat

Jumlah penderita kebanyakan anak-anak, dimana terlihat dengan virus – 213 kasus yang diduga di Samoa, dan 68 di Tonga.

Sementara itu, Fiji memperingatkan warga yang bepergian ke Samoa, Tonga, atau Selandia Baru untuk memastikan mereka memiliki vaksin, yang sekarang telah dibuat gratis.

Di Samoa Amerika, petugas pengawasan perbatasan campak telah berada di bandara Tafuna.

 

Sumber: radionz.co.nz
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.