Ekonomi Produktif Menjadi Program Utama Kampung Sereh

0
1339

SENTANI, SUARAPAPUA.com—- Pemerintahan Kampung Sereh, Distrik Sentani menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Tahun Anggaran 2020 di Kantor Kampung Sereh, Sentani, Jumat (29/11/2019) lalu.

Kepala Kampung Sereh, Steven Eluay mengatakan pihaknya  menyesuaikan diri dengan agenda nasional dengan merencanakan pembangunan di tingkat  kampung sebelum kita masuk ke tahun anggaran 2020.   

“Prioritas yang kita usul di tahun 2020 adalah pengembangan ekonomi produktif,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, karena kita melihat ada kegiatan besar yaitu PON 2020 dan prioritas program kampung Sereh adalah bagaimana menumbuhkan ekonomi produktif di masyarakat supaya ketika PON berjalanpun masyarakat terlibat dalam memasarkan hasil dari pertanian, perikanan dan kuliner yang bisa disiapkan  untuk PON.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

“Intinya tahapan ini melewati pra musrembang yaitu pra di setiap tingkat RT. Kami sudah lakukan dan kami ada sembilan RT/RW,’’ ujarnya

ads

lanjutnya, tahapan ini dilakukan supaya masyarakat sampaikan apa yang menjadi kebutuhan dasar mereka dan direncanakan sesuaikan dengan potensi masing-masing di RW. 

“Sehingga pada hari ini kami hanya lebih memantapkan atau lebih mengerucut ke skala prioritas,” katanya.

Baca Juga:  Bangun RS Tak Harus Korbankan Warga Sekitar Sakit Akibat Banjir dan Kehilangan Tempat Tinggal

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Nelson Sorontauw mengatakan pihaknya senang. 

“Ada program sektoral yang tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah kampung. Oleh sebab itu melalui musrembang, aspirasi dari kampung akan disampaikan DPRD kepada pemerintah daerah,” katanya.

Kata dia, DPRD Kabupaten Jayapura telah bekerjasama dengan Bappeda untuk bersinergi bersama dalam mensukseskan musrembang dari setiap kampung.  

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Musrembang dibuka oleh Kepala Distrik Sentani, Eroll Daisiu dan dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Nelson Sorontouw yang didampingi Ketua Komisi B Amus Weya dan Ketua Bamuskam, Yanto Eluay, kepala puskesmas sentani dan tokoh-tokoh masyarakat

Pewarta:  SP-CR15 

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaPanglima TNI: Papua adalah Tanah yang Diberkati 
Artikel berikutnyaIkut Temu BEM Nusantara, BEM Uncen Sampaikan Enam Hal Ini