Dua Kompi Brimob dari Kalimantan dan Jambi Sudah Tiba di Timika

0
1635

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Sebanyak 2 Kompi pasukan Brigade Mobil (Brimob) dari Polda Kalimantan Barat (Kalbar) dan Polda Jambi yang akan bertugas selama enam bulan di wilayah Pedalaman Papua untuk menjalankan tugas sebagai BKO Polda Papua telah tiba ke Timika, Mimika, Papua, Rabu (17/2/2021).

Seperti dilansir seputarpapua.com, mereka akan menggantikan Brimob BKO Polda Papua sebelumnya, antara lain dari Polda Sumatera Utara (Sumut), Polda Sumatera Selatan (Sumsel), Polda Jawa Barat (Jabar), Polda Gorontalo, Polda Riau, dan Polda Kepulauan Riau (Kepri).

Besok (Kamis, red) rencana akan tiba lagi dua kompi pasukan Brimob dari Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Polda Bangka Belitung (Babel), yang akan tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) BKO Polda Papua.

Baca Juga:  Komnas HAM RI Didesak Selidiki Kasus Penyiksaan Warga Sipil Papua di Puncak

Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Papua, Kompol Ramadhona yang mewakili Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, menyambut dua kompi pasukan Brimob dengan upacara di halaman Graha Eme Neme Yauware, Rabu siang.

Dalam sambutannya, Ramadhona mengatakan, secara resmi dirinya mewakili Kapolda Papua menyambut kedatangan pasukan Brimob Polda Kalbar dan Polda Jambi di Papua.

ads

“Secara resmi kami ucapkan selamat datang di Tanah Papua, selamat bertugas,” kata Ramadhona.

Setelah dilepas dari Polda masing-masing dengan upacara pelepasan dan disambut pula secara resmi, merupakan suatu kebanggaan bagi pasukan yang ditugaskan. Di mana, menurut Ramadhona, tugas adalah suatu kebanggaan yang harus dipertahankan setiap anggota yang menjalankan perintah tugas itu sendiri.

Baca Juga:  Dewan Pers Membentuk Tim Seleksi Komite Perpres Publisher Rights

“Ingat, tugas adalah suatu kebanggaan, suatu kehormatan. Kita pertahankan itu, laksanakan tugas di sini. Waktu enam bulan itu tidak akan terasa kalau dilaksanakan dengan senang hati, dengan ikhlas,” katanya.

Pasukan Brimob BKO juga diingatkan untuk menjaga sinergitas dengan seluruh satuan maupun instansi yang ada di wilayah tugas, serta menjaga hubungan baik dengan satuan kewilayahan yang ada terutama dengan TNI dan pemerintah daerah setempat.

Serta juga membangun komunikasi yang baik dengan seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah tugas.

“Kita semua berangkat sampai di sini dalam keadaan sehat, selamat, kondisi lengkap. Kembali juga dalam kondisi sehat, selamat dan lengkap. Selamat datang, selamat bertugas,” sambut Ramadhona.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Sementara itu, Komandan Satgas Ops Pamrahwan, AKBP Ahmad Nurman Ismail, pada kesempatan yang sama mengatakan, pasukan Brimob yang tiba ini hanya melakukan rotasi (pergantian) dengan pasukan Brimob BKO yang lama guna pengamanan di wilayah rawan di Papua.

“Mereka akan menggantikan, rotasi, pengamanan rawan di wilayah Papua. Seperti yang disampaikan tadi, kami datang di sini dengan hati, kami bekerja dengan hati. Karena di sini kita turut membantu pemerintah daerah mengamankan dan mencintai Tanah Papua,” katanya.

“Penempatannya seperti yang kemarin, kita akan menggantikan yang lama. Intinya kami datang ke sini karena kami merindukan Papua damai,” pungkasnya. (*)

SUMBERSeputar Papua
Artikel sebelumnyaPolisi Tangkap Juru Bicara KNPB Timika
Artikel berikutnyaMemalukan! TNI Paksa Pria Ini Bikin Pernyataan Dukung Pemekaran Provinsi di Papua