ULMWP Kembali Ajukan Aplikasi Keanggotaan Penuh ke MSG

0
5457
Pengajuan keanggotaan penuh ULMWP kepada Sekretariat MSG di Port Vila, Vanuatu. Anggota eksekutif ULMWP, Ny. Paula Makabory (tengah) dan Ny. Lora Lini (kiri dari tengah) yang merupakan Utusan Khusus Vanuatu untuk misi Dekolonisasi West Papua. (dailypost.vu)

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) secara resmi mengajukan aplikasi keanggotaan penuh Melanesia Spearhead Group (MSG) ke sekretariat MSG di Port Vila, Vanuatu, Rabu (19/6/2019).

Wakil direktur jenderal sekretariat MSG, Peter Eaefere menerima aplikasi yang diajukan ke sekretariat MSG atas nama ULMWP oleh Ms. Lora Lini, Utusan Khusus Vanuatu untuk Negara-negara Kepulauan Pasifik untuk Dekolonisasi West Papua.

Disaksikan oleh Anggota Eksekutif ULMWP, Ms. Paula Makabory, dan Penasehat Politik Utama untuk Menteri Luar Negeri, Kerjasama Internasional dan Perdagangan Eksternal, Ms. Anthea Toka Arukole.

Ralph Regenvanu, Menteri Luar Negeri, Kerjasama Internasional dan Perdagangan Eksternal, mengatakan, aplikasi baru untuk keanggotaan ULMWP di MSG mengikuti kriteria dan prosedur baru untuk pengajuan yang disetujui pada KTT MSG terakhir di Port Moresby tahun lalu dan ia menyerukan penuh keanggotaan organisasi yang mewakili pergerakan bangsa Melanesia West Papua dalam MSG.

- Iklan -

Baca juga: Sodelpa Fiji Mendukung Upaya Kemerdekaan Papua Barat

Regenvanu juga meminta pemimpin MSG untuk mempertimbangkan aplikasi itu dan meningkatkan status ULMWP dari pengamat untuk menjadi anggota penuh keluarga MSG.

Ia menegaskan bahwa Vanuatu akan memastikan pengajuan aplikasi baru ULMWP itu akan didorong supaya menjadi perhatian para pejabat, menteri luar negeri dan pemimpin pada Pertemuan Pemimpin MSG berikutnya yang dijadwalkan diadakan di Port Vila, Vanuatu.

Pengajuan aplikasi untuk keanggotaan penuh oleh ULMWP dilakukan tidak lama setelah pemilihan Perdana Menteri Kepulauan Solomon dan Papua Nugini yang adalah anggota MSG.

Sumber: dailypost.vu

Pewarta: Stevanus Yogi

Print Friendly, PDF & Email