Tebai: Anak Papua Bisa Berkarya Lewat Fotografi

0
1623

DEKAI, SUARAPAPUA.com— Ketua Komunitas PapuansPhoto, Whens Tebai mengatakan anak-anak Papua sudah siap dan bisa berkarya lewat fotografi di Tanah Papua. 

Hal tersebut disampaikan Tebai usai membuka cabang PapuansPhoto di Abepura pada Senin (27/1/2020). Pembukaan Cabang di Yahukimo tersebut, kata Tebai adalah upaya untuk mewadahi anak-anak Papua yang punya bakat di bidang Fotografi dan memperlebar sayap komunitas di masing-masing kabupaten kota di Provinsi Papua.

Untuk Yahukimo, ia menjelaskan,  pembentukan cabang fotografer di Yahukimo bertujuan untuk anak-anak Papua bisa berkarya lewat Fotografer dan video. Selain itu juga kata Whens bisa mendatangkan uang dan menjadi berguna bagi orang Papua, terutama dari sisi budaya dan pendidikan secara umum.

Baca Juga:  Penolakan Memori Banding, Gobay: Majelis Hakim PTTUN Manado Tidak Mengerti Konteks Papua

“Kami anak-anak Papua sendiri juga mau berkarya lewat fotografer dan video. ini Bagian dari pembuktian itu. Seni bisa mendatangkan uang dan menjadi berguna bagi orang Papua, terutama dari sisi budaya dan pendidikan secara umum,” katanya.

Soni Wanda salah satu fotografer senior asal Papua mengatakan, Dengan terbentuknya Explore Yahukimo, merupakan salah wujud kebersamaan dalam perkembangan Fotografi di Tanah Papua.

ads
Baca Juga:  Dua Anak Diterjang Peluru, Satu Tewas, Satu Kritis Dalam Konflik di Intan Jaya

Menurut Soni, Papuansphoto menjadi wadah pembelajaran yang berkembang secara cepat dan kreatif, pada prinsipnya perkembangan Fotografi di Tanah papua dalam sepuluh tahun terakhir ini berkembang dengan cepat bahkan menghadirkan para profesional Fotografi asli anak papua yg juga berbakat.

“Sehingga diharapkan papuanfoto menjadi wadah motifasi bagi orang muda Papua didalam mengikuti perkembangan teknologi informasih dalam bidang fotografi dan juga memberi dampak bagi pembangunan dan masa depan Papua,” katanya.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Ruland Kabak Ketua Komunitas Fotografi Explore Yahukimo menjelaskan, tujuan pembentukan Komunitas Fotografi Explore Yahukimo agar anak-anak asli Yahukimo pada khususnya dan Papua pada umumnya bisa berkarya lewat Fotografer.

“Jadi kami bentuk komunitas ini dengan tujuan teman-teman yang memiliki skil di bagian fotografer bisa berkarya. Selain itu juga lewat itu bisa mendatangkan uang,” jelasnya.

Ruland menambahkan, selain berkarya lewat foto, juga memperkenalkan keindahan alam dan budaya Yahukimo yang sesungguhnya melalui layar lensa.

Pewarta: Ruland Kabak

Editior: Arnold Belau 

Artikel sebelumnyaPapuansPhoto Buka Cabang di Yahukimo
Artikel berikutnyaReuni Akbar Alumni TK  – SMA Advent Timika Digelar