Aparat Gabungan dan TPNPB Baku Tembak, Dua Prajurit TNI Luka-luka

0
1796

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengungkapkan bahwa dua prajurit TNI mengalami luka-luka dalam kontak tembak yang terjadi antara aparat gabungan dan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di Intan Jaya.

Baku tembak terjadi pada Selasa (17/12/2019) di Kampung Kulapa dan Wabui, Intan Jaya.

Waterpauw mengungkapkan, kejadian tersebut menyebabkan dua prajurit, yakni Lettu Inf Reski Sidabutar dan Serda Rizky terluka parah.

“Dua anggota TNI itu tergabung dalam satgas penegakan hukum. Belum diketahui apakah korban meninggal atau tidak,” kata Irjen Pol Waterpauw dilansir Antara.

Baca Juga: Video: Pendropan Aparat di Sugapa Intan Jaya 14 – 16 Desember 2019

ads
Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Ketika ditanya kelompok KKB yang melakukan kontak tembak dengan petugas, Irjen Pol Waterpauw mengaku belum dapat memastikan. Sebab, ada beberapa kelompok yang dilaporkan berada di sekitar wilayah Kabupaten Intan Jaya.

“Beberapa kelompok KKB dilaporkan berada di wilayah Intan Jaya dan berupaya turun ke areal PT Freeport, namun belum bisa dipastikan kelompok mana yang kontak dengan tim satgas penegakan hukum,” ujar Irjen Pol Waterpauw.

Baca Juga: Pemda Intan Jaya: Kami Tidak Tahu Tujuan Aparat ke Intan Jaya

Dari informasi yang dihimpun media ini, aparat gabungan dan TPNPB telah didrop dengan menggunakan helikopter sejak 14 – 16 Desember lalu. Pada hari ini, Selasa (17/12/2019) baku tembak antara TPNPB dan aparat gabungan terjadi.

Baca Juga:  Beredar Seruan dan Himbauan Lagi, ULMWP: Itu Hoax!

Kapolda Papua mengungkapkan, ada dua prajurit TNI yang mengalami luka dalam kontak tembak di Kampung Kulapa dan Wabuni, distrik Hitadipa. Sementara, TPNPB mengklaim telah menembak mati dua prajurit TNI di Bulapa, Kampung Yoparu, distrik Sugapa.

Baca Juga: Berita Foto: Jelang Natal, Diam-Diam Negara Droping Aparat di Paniai dan Intan Jaya

Kampung Kulapa dan Wabui adalah dua kampung yang berada di distrik Hitadipa. Sedangkan Bulapa, Kampung Yoparu adalah salah satu kampung yang berada di distrik Sugapa.

TPNPB melalui laman fanpage facebook mengklaim telah menembak mati dua anggota TNI di Kampung Yoparu, distrik Sugapa, Intan Jaya.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Baca Juga: Polda Papua Bantah Ada Droping Aparat di Sugapa

Komandan Operasi Kodap Intan Jaya, Sabinus Waker melaporkan, kontak senjata antara pasukan TPNPB dan TNI terjadi sekitar Jam 12 siang waktu setempat di Bulapa, Kampung Yoparu, distrik Sugapa.

“Pasukan saya sudah tembak dua prajurit TNI dan situasi saat ini memanas. Silahkan dunia internasional, pekerja HAM dan Kemanusiaan, wartawan, pantau kami di lapangan, kami sedang perang melawan kolonialisme dunia di atas tanah air kami,” tulisnya di laman tersebut.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaSudah Dilarang Wabup Deiyai, Miras dan Judi Masih Marak
Artikel berikutnyaPemkab dan DPRD Diminta Segera Sikapi Kondisi Intan Jaya