Galau Jelang Sepekan Pengumuman Skuat Persipura

0
74

DEIYAI, SUARAPAPUA.com — Para pemain yang mengantar Persipura Jayapura menempati posisi ketiga Shopee Liga 1 2019 tak sabar menunggu kepastian nasibnya di musim kompetisi 2020.

Wajar bila para pemain gelisah menanti cukup lama respon manajemen tim Mutiara Hitam, sementara saat bersamaan banyak tawaran terus berdatangan dari tim besar lainnya. Penggemar dan Persipuramania juga sedang galau dengan nasib pemain idolanya.

Merujuk rencana manajemen Persipura, sebagaimana dijelaskan Benhur Tomi Mano kepada wartawan di Kota Jayapura baru-baru ini, skuat musim 2020 bakal diumumkan sebelum head coach Jacksen Ferreira Tiago memimpin langsung latihan perdana 25 Januari 2020.

Baca Juga: Skuat Persipura Segera Diumumkan

Mano menyatakan, siapa saja pemain Persipura di musim ini akan diketahui publik sebelum latihan perdana dimulai. Itu berarti waktunya tinggal 11 hari. Selama sepekan lebih, pemain yang direkomendasikan pelatih dan disetujui manajemen akan dikontrak untuk membela kesebelasan asal Kota Jayapura ini.

“Sepenuhnya kewenangan pelatih untuk menentukan pemain Persipura. Kami tidak intervensi dalam proses perekrutan ini. Tugas kami adalah tinggal melaksanakan permintaan pelatih,” ujarnya.

Ketua umum Persipura menegaskan, ”Perlu diulangi lagi bahwa kami kontrak pemain sesuai rekomendasi pelatih dan pemain tersebut tentu sesuai kebutuhan tim kita, karena target kita pada tahun ini harus juara Liga 1.”

Hingga sejauh ini diakuinya cukup intens komunikasi dengan Jacksen yang sementara berlibur di Brasil.

“Antara kami manajemen dengan beliau selalu komunikasi dengan lancar,” imbuhnya.

Baca Juga: Bochi Masih Dibutuhkan Persipura

Perburuan pemain dari beberapa klub elit di Indonesia dan luar negeri masih terus dilakukan. Karena itu, pihak manajemen tak bersedia bocorkan ke publik. Dalam beberapa kali bicara ke wartawan, Walikota Jayapura ini memilih bungkam soal perekrutan dan kontrak pemain.

Hal sama diperlihatkan Jacksen ketika dikonfirmasi wartawan dari Indonesia terkait berbagai rumor tentang pemain Persipura jelang kompetisi Liga 1 2020 yang akan digulirkan awal Maret mendatang.

Ia bahkan tak mau “buka mulut” soal kepastian melanjutkan kontrak kerja dengan Persipura di musim kompetisi 2020. Meski manajemen tim Mutiara Hitam sudah tegaskan keputusannya mempertahankan mantan striker Persebaya era 90-an itu.

Baca Juga: JFT Bangkitkan Spirit Pemain Persipura

Sikapnya ini bisa dimaklumi karena Jacksen memilih fokuskan waktu lebih lama untuk berliburan bersama keluarga dan sanak saudara di Brasil, melepaskan penatnya dari kompetisi Liga 1 2019.

Nasib Pemain

Belum ada kabar, para pemain yang membela musim kemarin masih menanti kepastian, apakah akan dilepas atau dilanjutkan kontrak kerjasama di tahun ini.

Jangankan teken kontrak, manajemen Persipura pun belum bicarakan soal ini. Kemungkinan besar akan dilakukan setelah semua upaya perburuan pemain tuntas.

Baca Juga: Persipura Bakal Lepas Pemain, Siapa?

Tak salah dengan klaim Jacksen bahwa semua hal yang berhubungan dengan tim Persipura, diketahui juga oleh manajemen lantaran komunikasi setelah pulang kampung pun cukup lancar.

Jika demikian, bagaimana nasib Boaz TE Solossa, Todd Rivaldo Ferre, Oh In-kyun, dan pemain lainnya? Sebab, pihak manajemen sejauh ini belum mau merespon kegalauan mereka sebagaimana diwartakan sejumlah media.

Baru Marinus Wanewar yang kabarnya sudah pasti bersama Persipura. Dilansir jubi.co.id, striker muda asal Sarmi itu mengaku telah menolak tawaran dari Bhayangkara FC. Alasannya, ia masih cinta tim Mutiara Hitam.

Tak hanya ancaman dari Boaz Solossa yang menyatakan bakal segera hengkang jika belum ada respons dari manajemen Persipura. Hal sama datang dari Todd Rivaldo Ferre.

Pemain mungil nan lincah ini masih menanti kepastian kontrak bersama tim yang membesarkan namanya hingga sukses menggondol dua gelar dalam semusim.

“Ada tawaran dari enam tim besar, tetapi saya belum berikan respons. Sampai sekarang saya tetap menunggu keputusan dari manajemen Persipura,” katanya.

Baca Juga: Editor FOX Sport Asia Puji Todd Rivaldo Ferre

Ferre yang dua tahun bersama Boaz Dkk akan menunggunya hingga latihan perdana 25 Januari mendatang. Jika tak dipanggilnya kembali, pasti berlabuh ke klub lain.

Beredar kabar, Ferre diincar PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Arema FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Barito Putera.

Setelah dinobatkan sebagai pemain muda terbaik versi PT Liga Indonesia Baru (LIB) Shopee Liga 1 2019, anak dari Agus Ferre ini juga sukses gondol predikat Indonesian Soccer Awards 2019 versi Asosiasi Pesepakola Profesional Indonesia (APPI).

Penganugerahan Indonesian Soccer Award 2019 yang berlangsung di Jakarta, Jumat (10/1/2020) malam, Ferre bersaing ketat dengan nominator lainnya: Asnawi Mangkualam (PSM Makassar), dan Syahrian Abimanyu (Madura United).

Terlambat

Sinyalemen akan memulangkan pemain Papua dari sejumlah klub Liga 1, masih menyisakan tanda tanya. Siapa pemain dimaksud? Sementara, beberapa diantaranya sudah tak bisa lagi karena terlanjur bertahan di luar Papua.

Buktinya Ruben Karel Sanadi. Mantan kapten Persebaya itu kini sudah hijrah ke Bhayangkara FC. Patrick Wanggai dan Ricky Kambuaya milik Persebaya Surabaya. Pun dengan David Laly, Marcho Sandy Meraudje dan Fandri Imbiri di Madura United.

Apakah Yan Pieter Nasadit, Elisa Basna, Yakob Sayuri, Ricky Kayame, Vendri Mofu, Feri Pahabol, yang ditargetkan manajemen Persipura? Ataukah Osvaldo Ardiles Haay, anak muda asli Kota Jayapura, yang kini tengah naik daun di panggung persepakbolaan nasional.

Osvaldo sepertinya sulit dipulangkan. Kabar terakhir, pencetak 8 gol dalam ajang SEA Games 2019 di Thailand itu masih berkostum Persebaya. Itu terlihat Sabtu (11/1/2020), saat tim Bajul Ijo uji coba dengan Persis Solo.

Baca Juga: Persipura Bak Klub Musafir di Saat Genting

Semua masih teka-teki. Manajemen Persipura memang belum bersedia sebutkan identitas pemain incarannya. Ini karena sedang tahap pendekatan dan jika sudah deal akan segera diperkenalkan ke publik.

Selain pemain asal Papua yang sempat membela sejumlah klub Liga 1, Makan Konate menurut Mano, sedang diliriknya. Juga sejumlah pemain asing pilihan Jacksen.

Peluang tim Mutiara Hitam kembali menggunakan jasa pemain asing dipertegas Rocky Bebena, sekretarius umum Persipura. Menurutnya, perburuan pemain asing sedang dilakukan.

“Ya, sementara lagi pendekatan dengan beberapa pemain asing yang cocok sama gaya bermain kita. Pastinya nama-nama pemain termasuk pemain asing akan diumumkan sebelum mulai latihan perdana,” ujar Rocky.

Baca Juga: Arema Waspadai Strategi Jacksen Tiago

Kesigapan manajemen dengan mendatangkan pemain baru dan perpanjang durasi kontrak bagi skuat lama tak lain adalah demi satu target di musim ini. Penggawa musim lalu diantaranya Bochi, Tipa, Dede, Ferre, Gunansar, Rumakiek, Tahir, Womsiwor, Meosido, dan lainnya, mesti segera diberi kepastian agar tak tergiur tawaran tim lain.

Pewarta: Markus You